Inilah 4 Sistem Pendidikan Jepang Yang Wajib Ditiru

Siapa sih yang tidak mengenal Negeri Sakura, Jepang ? Tak banyak orang tahu, ternyata dibalik kemajuan teknologi dan ekonomi di Jepang, ternyata negeri sakura ini menyimpan rahasia dibalik sistem pendidikannya yang Sukses. Tak heran jika banyak Negara yang merasa iri oleh kemajuan sistem pendidikan yang diterapkan oleh sekolah � sekolah di Jepang pada anak murid mereka. Nah, tak sedikit juga berbagai Negara di dunia meniru gaya sistem pendidikan negeri Anime ini.

Sistem Pendidikan Jepang yang Bisa Ditiru di Sekolah
Apa yag terlintas di benak anda ketika mendengar neara Jepang ? Apakah Doraemon, Naruto, Dorayaki, atau Robot Canggih ? tibuku kemajuan teknologi di jepang menuntut para tenaga pendidik untuk mengembangkan sistem pendidikan agar lebih maju. Hal ini bertujuan agar anak didik mereka tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, kritis, hingga mandiri. Nah berikut ini adalah sistem pendidikan yang cocok untuk ditiru di sekolah agar bisa bersaing dengan system pendidikan dunia.

1.Mengajarkan Attitude yang Baik sebelum Ke Ilmu Pengetahuan
Bagi Pendidikan Jepang Attitude atau sikap baik adalah point yang paling utama dalam keberhasilan pendidikan. Sehingga pada 3 tahun pertama, setiap sekolah dijepang tidak mengharuskan siswanya untuk mengikuti ujian, namun mereka harus mengikuti tes kecil yang disediakan sekolah. Pada tiga tahun tersebut, pihak sekolah fokus terhadap pendidikan karakter pada siswa. Para siswa diajarkan rasa bersimpati dan berempati, berlaku adil, dermawan, berani, serta memiliki kasih sayang terhadap semua makhluk hidup.

2.Meminta Siswa Berperilaku Mandiri

Setiap sekolah dijepang menuntut para siswa untuk melakukan segala sesuatu dengan mandiri. Salah satu contoh yang paling mudah adalah membersihkan ruangan belajar sendiri. Mereka yakin, dengan metode pendidikan ini akanmenumbuhkan sikap saling menghargai, menghormati, dan kerja keras.

3.Makan Siang Bersama
Mayoritas sekolah di Negara Jepang menyediakan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, para siswa dan murid juga dituntut unutk selalu makan siang di kelas bersama � sama. Hal in bertujuan untuk menciptakan kebersamaan dan kekompakan antar siswa dan guru. Sehingga suasana harmonis akan tercipta.

4.Mengikuti Les atau Workshop Tambahan
Ketatnya sistem pendidikan di Negara Jepang menuntut para siswa untuk selalu haus belajar. Karena mayoritas sekolah dan universitas terkenal di Jepang menggunakan metode nilai sebagai acuannya. Dengan begitu, tak heran jika para siswa di Negara Jepang akan mengikuti les dan pelatihan atau workshop tambahan setelah mereka melakukan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Alhasil, tidak pernah ada siswa yang tidak naik kelas.

Nah itulah 4 sistem pendidikan Jepang yang bisa diaplikasikan di Negara Indonesia. Selain unggul dalam akademis, namun para siswa juga unggul dalam pendidikan moral dan karakter. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *